Meredam Berkembangnya Generasi Miras santika

Meskipun konsumsi alkohol di Indonesia rendah dibandingkan negara lain namun tren konsumsi alkohol dibanding tahun 1990 mengalami sedikit kenaikkan, oleh karena itu selain aturan pembatasan peredaran alkohol, tarif cukainya perlu dinaikkan.

Pada tahun 2010, WHO, Organisasi Kesehatan Dunia, mengesahkan strategi global untuk memerangi penggunaan bahaya alkohol, melalui tindakan langsung seperti pelayanan medis terkait alkohol, masalah kesehatan, dan langkah-langkah tidak langsung seperti penyebaran informasi tentang bahaya yang berkaitan dengan alkohol (WHO , 2010a).

Konsumsi alkohol tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan baik dari segi morbiditas dan mortalitas. Konsumsi alkohol terkait dengan berbagai bahaya kesehatan dan dampak sosial, antara lain termasuk peningkatan risiko berbagai kanker, stroke, dan sirosis hati. Janin yang terpapar akibat konsumsi alkohol meningkatkan risiko cacat kelahiran dan gangguan otak. Alkohol juga berkontribusi pada kematian dan cacat akibat kecelakaan dan cedera, penyerangan, kekerasan, pembunuhan dan bunuh diri, dan diperkirakan menyebabkan kematian lebih dari 2,5 juta di seluruh dunia per tahun (WHO , 2011d). WHO memperkirakan 4 % dari beban penyakit global disebabkan oleh alkohol (Rehm et al, 2009). Di Amerika Serikat, konsumsi alkohol yang berlebihan adalah penyebab utama ketiga kematian, untuk 80.000 kematian per tahun dan 2,3 juta tahun potensi hidup yang hilang (CDC, 2012). Biaya penanganan kesehatan terkait dengan minum alkohol di Amerika diperkirakan mencapai USD 25,6 milyar (Bouchery et al. ,2006 ). Di Federasi Rusia, penyalahgunaan alkohol adalah faktor utama mortalitas dan penurunan harapan hidup selama tahun 1990-an (OECD, 2012c ).

Konsumsi Miras di Dunia
Konsumsi alkohol rata-rata di negara-negara OECD berkisar 9,4 liter per orang dewasa, yang diukur dengan penjualan tahunan. Negara seperti Luxemburg, Perancis, Austria, Estonia tercatat konsumsi alkoholnya tertinggi di dunia, dengan 12 liter atau lebih per orang per tahun pada tahun 2011. Konsumsi alkohol terendah tercatat di Turki dan Israel, serta di Indonesia dan India, di mana tradisi agama dan budaya membatasi konsumsi alkohol dalam beberapa kelompok penduduk. Meskipun konsumsi alkohol rata-rata menurun di banyak negara OECD selama dua dekade terakhir, namun di beberapa negara Eropa Utara (Islandia, Swedia, Norwegia dan Finlandia ) serta di Polandia dan Israel justru semakin meningkat. Negara-negara penghasil anggur tradisional dari Italia, Yunani, Spanyol, Portugal dan Perancis, serta Republik Slovakia, Swiss dan Hongaria konsumsi per kapita mengalami penurunan seperlima atau lebih sejak tahun 1990.

Konsumsi alkohol di kalangan orang dewasa, 2011 dan perubahan antara tahun 1990 dan 2011
0a0af2c64f852cdf8e5504849966a377_miras

Konsumsi alkohol di Federasi Rusia, Brazil, India, dan China telah meningkat secara substansial, meskipun dalam dua terakhir konsumsi per kapita masih rendah. Variasi konsumsi alkohol antar negara-negara dan antar waktu ke waktu tidak hanya mencerminkan perubahan kebiasaan minum tetapi juga respon kebijakan pemerintah dalam mengendalikan konsumsi alkohol. Pembatasan pada iklan, pembatasan penjualan dan cukai merupakan langkah-langkah efektif untuk mengurangi konsumsi alkohol (Baboret al., 2010).


Kebijakan Pemerintah Cukai Miras di Indonesia

Tidak seperti cukai tembakau yang setiap tahun mengalami kenaikan, tarif cukai minuman beralkohol mulai dinaikkan tahun 2014, pemerintah menaikkan tarif cukai alkohol melalui PMK Nomor 207/PMK.011/2013. Sistem tarif cukai alkohol diterapkan secara spesifik dengan maksud agar memudahkan administrasi pemungutan, pengawasan, dan kepastian pendapatan Negara.

Kenaikan tarif cukai diterapkan untuk semua golongan MMEA, yaitu MMEA golongan A (kadar alkohol 5%), golongan B (>5% s.d. 20%), dan golongan C (>20%) dinaikkan mulai Rp 2.000,- s.d. Rp 9.000,- per liter dengan rata-rata kenaikan sekitar 11,66%, sehingga tariff cukai MMEA saat ini adalah sbb:
d2aca29ebe067d312641c9a363f3e1d3_cukai-minol

Meredam Berkembangnya Generasi Miras santika

Leave a comment